BERITA

CERDAS MENGELOLA KEUANGAN DI KALA PANDEMI

Covid-19 membawa pengaruh besar terhadap perekonomian dunia hingga perekonomian rumah tangga. Perusahaan mulai menghemat pengeluaran dengan merumahkan para karyawan. Usaha-usaha kecil tidak mampu bertahan karena banyak penertiban. Tidak tahu kapan pandemi covid-19 akan menghilang dari muka bumi namun kita harus mempersiapkan diri akan segala kondisi dan kemungkinan yang akan terjadi. Hal ini memaksa kita untuk mengatur strategi bagaimana mengelola keuangan. Strategi apa saja sih yang bisa kita bisa persiapkan untuk masa pandemi ini:

 

1.    Mengevaluasi Kondisi Finansial

Bagi pekerja kantoran yang tidak mengalami potongan dalam kondisi pandemi ini. Kita harus pastikan pemasukan kita setiap bulan, apakah sudah seimbang dengan yang kita keluarkan. Dan buat rencana pengeluaran bulanan dengan mempertimbangkan skala prioritas agar kita dapat menghindari pengeluaran yang tidak penting. Dan pastikan ada kelebihan yang kita simpan untuk menghadapi kondisi yang tidak kita inginkan.

Lalu bagaimana dengan pedagang maupun freelancer? Yang pasti akan mengalami pengurangan omset kala pandemi. Disaat seperti ini para pemilik usaha harus membuat pos pengeluaran baik untuk biaya hidup maupun operaional usaha. Hindari untuk promosi yang memakan biaya yang besar. Masukan anggaran promosi tersebut untuk cadangan kala operasional lebih besar daripada omset yang kita terima.

2.    Hidari Pembelian Yang Tidak Penting

Maraknya market place online membuat kita mudah mencari barang yang kita inginkan. Namun hal ini dapat menjadi bumerang bila kita tidak dapat menggunakannya dengan bijak. Barang yang mungkin tidak kita butuhkan bisa kita beli karena tergiur dengan harga maupun diskon yang diberikan. Bijaklah dalam menggunakan uang, dan hindari pembelian yang sia-sia.

3.    Jangan Tergiur Dengan Pembelian Menggunakan Cicilan

Kondisi sekarang ini membuat perusahaan pembiayaan, bank, showroom maupun counter memberikan diskon yang besar ataupun bunga yang murah karena menurunnya omset. Hal ini menjadi daya tarik untuk khalayak mengajukan pinjaman dengan metode kredit. Namun tanpa disadari, cicilan ini dapat mengacaukan rancangan anggaran yang kita buat. Anggarkan yang kita persiapkan untuk kondisi yang tidak diinginkan dapat terkikis dan mengacaukan proses bisnis maupun kondisi perekonomian keluarga diera pandemi ini. Self control untuk pengajuan cicilan ini penting karena kita tidak dapat menduga apa yang terjadi kedepan. Bisa jadi penurunan omset usaha kita yang mengakibatkan kita butuh banyak dana untuk menganggung operasional. Ataupun perusahaan tempat kita bekerja mengalami kebangkrutan sehingga kita menerima dapaknya. Alangkah baiknya kita menahan diri hingga kondisi perekonomian kembali stabil.

4.    Mulai Berinvestasi

Investasi merupakan solusi cerdas menjaga keamanan saldo rekening kita. Sebagai contoh, bila kita merasa saldo rekening kita besar, hal ini memaksa kita tanpa sadar membeli barang yang tidak kita inginkan karena kita merasa mampu membelinya. Namun beda bila saldo kita masuk kedalam deposito yang hanya dapat kita ambil pada jangka waktu tertentu. Maka kita akan lebih bijak dalam menggunakan uang yang ada. Mungkin kita juga bisa naik ke investasi logam mulia yang setiap saat mengalami kenaikan. Dalam berinvestasi terhadap hal yang tersebut diatas, kita harus memilih tempat yang dapat memberikan kepercayaan dan memastikan kemanan investasi kita.

5.    Mencari Penghasilan Tambahan

Mungkin bagi yang bekerja kantoran susah untuk mengatur waktu namun kita bisa menjadi dropshiper yang tidak usah kita untuk beli barang dijual lagi. Kita Cuma posting ulang jualan dari mitra kita. Masalah pembagian untungnya bisa kita bahas bersama. Untuk yang memiliki usaha kita harus memiliki kemauan untuk mengembangkan diri. Semisal kita jual makanan yang sedang hits namun kalau pamornya reda , kita bakal kerepotan menjualnya. Sebisa mungkin sbelum pamor barang kita reda kita harus untuk berjualan hal lain yang bakal diminati oleh khalayak luas

Cukup dulu pembahasan kali ini, mudah-mudahan kita senantiasa dijaga dari pandemi yang sedang terjadi. Selalu menjaga diri dengan menghindari kerumunan, rajin cuci tangan untuk mejaga kebersihan diri dan gunakan masker saat berkegiatan. Salam sehat selalu untuk kita bersama.

Produk Pembiayaan

Simulasi Kredit

 
Silahkan lakukan simulasi kredit menggunakan form pada menu ini.

Link Harga Mobil

Klik disini untuk melihat link-link terkait harga-harga mobil baru dan bekas.

Petunjuk Kredit

 
Syarat dan Ketentuan Pengajuan Kredit di Multindo.

Why Choose Multindo